Minggu, 05 Oktober 2014

Soft News Kegiatan Kampus "Menarik tapi kurang mendapat perhatian"




            Animasi expo adalah suatu kegiatan rutin dari Program Studi Animasi di STMM “MMTC” Jogjakarta. Acara yang di adakan pada tanggal 22-24 September 2014 ini memamerkan hasil karya mahasiswa animasi dari semester 3 hingga semester 7.  Saat memasuki ruangan expo pengunjung di sambut pameran lukisan atau design gambar dari mahasiswa animasi baik gambar 2 dimensi hingga 3 dimensi. Selain pameran dalam bentuk lukisan atau karya cetak, dalam acara ini juga di adakan pemutaran film animasi terbaik. Di dalam ruang pertunjukan pengunjung dapat menikmati beberapa film animasi secara berurutan dengan  durasi kurang lebih 10 menit di setiap film nya. terdapat 2 kali pertunjukkan dalam sehari dan dengan tema film yang berbeda.
Bertempat di gedung auditorium STMM menjadi kan acara ini jarang terlihat atau di lalui oleh mahasiswa STMM itu sendiri. Letak auditorium yang terdapat di depan dari gedung perkuliahan memang jarang sekali di lewati oleh mahasiswa STMM hal ini menyebabkan kurang nya perhatian dari mahasiswa STMM. Berbeda dengan acara animasi expo sebelum nya yang bertempat di studio 2 STMM jauh lebih mendapat perhatian dari mahasiswa. Mengingat gedung studio 2 terletak dekat dengan gedung perkuliahan sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengetahui bahwa di program studi animasi sedang mengadakan kegiatan pameran.
Publikasi yang kurang menarik. Setiap kegiatan seharusnya memiliki publikasi semenarik mungkin untuk menjadikan pembaca informasi itu tertarik mengunjungi acara tersebut. Tetapi pada acara kali ini kurang publikasi yang menarik. Hal ini terbukti dengan sepi nya pengunjung expo kali ini. memang di buku tertulis ada lebih dari 100 pengunjung yang hadir selama 2 hari tapi saat memasuki ruangan pertunjukkan ruangan terkesan kosong. Acara sehebat ini kurang mendapat bantuan publikasi dari kampus. Pihak kampus cenderung terkesan cuek dengan acara ini. berbeda dengan acara yang di adakan oleh pihak kedinasan yang selalu mendapat perhatian dosen pengampu.
Kampus yang kurang mampu memanfaat kesempatan untuk menunjukan kemapuan peserta didik nya kepada masyarakat luas. Pada saat animasi expo ini berlangsung di kampus kami juga sedang ada pelatihan The Third Country Training Program (TCTP) yang di ikuti oleh 6 negara se asia. Tetapi pihak kampus tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukan pada partisipan TCTP pada acara ini. Padahal jika pihak kampus mampu mengajak partisipan untuk ikut menyaksikan acara ini dapat menunjukan kemampuan mahasiswa animasi yang luar biasa. Tapi pihak kampus sama sekali tidak membaca kesempatan ini, kesempatan emas yang terlewatkan.
Belajar dari kegiatan ini sebelum kita mengadakan suatu kegiatan kita harus benar-benar membuat publikasi yang sangat gencar. Menjalin kerja sama yang baik dengan pihak kampus agar ketika ada kegiatan dari program studi kita pihak kampus dapat membantu mempromosikan kegiatan kita kepada mahasiswa nya. mengadakan kegiatan di lokasi yang mudah di jangkau mahasiswa mengingat memudahkan mahasiswa untuk menghadiri kegiatan tersebut. dekorasi ruangan yang menarik pada depan lokasi kegiatan kita . hal ini sangat membantu utuk menarik mahasiswa untuk menghadiri acara ini. dan mengadaptasi dari kegiatan artjog yaitu menyusun ruangan pamerfan menjadi booth foto dimana pun. Hal ini juga membantu untuk menarik mahasiswa untuk mengahadiri acara ini. mengingat budaya selfie yang sedang marak semakin banyak pengunjung yang selfie pada acara kita semakin mudah menarik pengunjung untuk menghadiri acara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar