Jumat, 02 Januari 2015

menulis teks pidato : "Pendidikan Bela Negara Selamatkan Generasi Penerus Bangsa"



Nama               : Tristiana Galuh Ramadany
Prodi               : MK (PR) / 5
NIM                : 01211146028
Audience         : Pelajar SMA kota Yogyakarta
Sambutan        : Komandan Komando Resor Militer (KOREM) 072 Pamungkas
                           Brigjen Fadhilah

Pendidikan Bela Negara Selamatkan Generasi Penerus Bangsa
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatu
Salam sejarahtera bagi kita

Yang terhormat Mayor Jendral Komando Resor Militer 072 beserta jajaran  nya.
Dan anak-anak muda generasi bangsa yang saya banggakan.,
            Terimakasih kepada seluruh partisipan yang sudah menyempatkan waktu nya menghadiri acara ini.
Puji syukur hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul yang InshaAllah berkah ini.
Sholawat serta salam selalu tercurah bagi Nabi agung Nabi Muhammad saw yang membawa kita dari jaman kegelapan menuju jaman yang terang seperti saat ini.
Generasi muda adalah penerus tongkat estafet perjuangan Negara kita. Masa depan bangsa kita berada di tangan mereka. Generasi muda yang aktif dalam kegiatan positif ini yang akan terus menciptakan Indonesia yang lebih baik. Penerus tongkat estafet perjuangan, berarti generasi muda haruslah memiliki semangat yang kuat untuk terus membangun negaranya, harus memiliki cinta tanah air, dan mampu mempertahankan budaya-budaya yang ada di lingkungan kita.
Hadirin sekalian, Generasi muda saat ini dapat kita kategori kan kedalam keadaan yang cukup kritis. Cukup memprihatinkan, ketika generasi muda lebih senang dan tertarik dengan produk dan budaya luar negeri di bandingkan dengan produk lokal buatan negara kita. Bangga menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan yang di lakukan dengan teman sebayanya. Bahasa adala indentitas suatu negara, dan seharusnya sebagai generasi penerus bangsa bangga menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di bandingkan dengan menggunakan bahasa asing. Keadaan paling krisis terdapat pada generasi penerus yang memiliki mental kekerasan. Pelajar tingkat SMA saat ini seringkali terlibat dengan tawuran baik masalah yang berat hingga masalah sepele selalu di selesaikan dengan tawuran antar pelajar.
Keadaan genarasi muda yang seperti ini yang membuat kita semua prihatin. Tidak terbayang di benak kami sebegai generasi terdahulu apa yang akan terjadi jika hal ini terus terjadi. Bangsa kita akan menjadi bangsa yang apatis, dan anarkis. Pemuda apatis dengan negara nya, tidak peduli dengan apa yang terjadi di negaranya. Pelajar tingkat SMA seharusnya sudah mulai mampu mengawasi segala sistem yang terjadi di negara kita. Mengingat sebagian pelajar SMA sudah memiliki hak pilih saat penentuan para wakil rakyat. Pelajar yang sudah memiliki kesempatan ini justru serng kali memilih untuk tidak menggunakan hak nya dan bersikap apatis dengan apa saja yang berjalan di negaranya. Padahal jika mereka sadar semua yang terjadi saat ini akan menentukan bagaimana nanti nya saat generasi kalian menjadi pelaksana negara. Generasi muda yang anarkis, semua permasalahan seperti tidak akan selesai sebelum terjadi kegaiatan anarkis tawuran antar geng sekolah. Hal ini hanya di pacu oleh maslah sepele yaitu provokasi semata.
Hadirin yang berbahagia, sesuai dengan keadaan generasi penerus yang sudah krisis ini di butuhkan diklat bela negara yang di nilai akan menumbuhkan rasa cinta tanah air generasi muda. Menumbuhkan rasa cinta tanah air pada diri genarasi muda ini yang di nilai sangat efektif untuk menghindarkan anak-anak sekalian dari kegiatan negatif yang merugikan seperti tawuran antar sekolah. Tawuran hanya lah kegiatan negatif yang merugikan, tidak ada manfaat dari tawuran ini. habiskan energi untuk kegiatan positif seperti mengikutin kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di sekolah kalian. Mengikuti ekstrakurikuler Peleton Inti (TONTI) mampu meningkatkan rasa tanggung jawab dan cinta tanah air pada diri kalian. Selain itu juga mampu menjadikan generasi muda lebih bertanggung jawab, displin, dan lebih tertib pada peraturan yang ada. Mencari kegiatan lain yang mendukung hobi anak-anak sekalian. Seperti bergabung di dalam komunitas hobi kalian. Dengan seperti ini pola pikir kalian tentang tawuran itu akan teralihkan dengan pikiran tentang kegiatan komunitas kalian.
Hadirin yang saya banggakan, kegiatan bela negara ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan menghilangkan rasa apatis dari generasi mudah kepada negara kita. Kami harapkan kegitan ini dapat membentuk generasi muda yang jauh lebih baik dan menyelamatkan generasi muda yang sudah semakin kritis. Dengan demikian mohon kerja sama nya baik dari pihak kami, pihak aparatur keamanan negara hingga pihak sekolah untuk mendukung kegiatan ini agar generasi muda negara kita kembali menjadi generasi penerus yang baik dan tidak lagi anarkis dan apatis.
Diharapkan setelah kegiatann ini berlangsung anak-anak peserta diklat ini dapat menularkan ilmu yang di dapat kepada teman-teman nya di sekolah. Dan menjadi pelopor pelajar yang anti dengan sikap apatis dan anarkis. Dengan demikian semakin banyak generasi penerus yang mengerti bahaya dari sikap apatis dan anarkis bagi bangsa kita dan mengurangi kegiatan negaif  yang merugikan mereka.

Demikian saja yang dapat saya sampaikan sebagai membuka kegiatan ini. saya sangat berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar tanpa kendala satu apapun, dan berhasil membentuk karakter generasi muda yang aktif dan cinta tanah air.
Terimakasih atas perhatiannya kurang lebihnya mohon maaf
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar